Jumat, 05 Oktober 2018

Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler dari Berbagai Sisi

Saat udara panas tentu tubuh menjadi gerah dan tidak nyaman. Pada kondisi seperti inilah orang – orang mencari alat bantu untuk mendinginkan udara agar normal dan bahkan sejuk. Kemudian ada beberapa alat bantu yang muncul, diantaranya adalah Air Conditioner dan Air Cooler, apa perbedaannya?
Saat ini muncul alat pendingin bernama Air Cooler yang mirip dengan Air Conditioner. Sehingga membuat kebanyakan orang berfikir bahwa alat tersebut merupakan AC mini portabel.
Penamaan itu bukanlah tanpa sebab. Kepopuleran AC sebagai pendingin ruangan membuat banyak orang menganggap bahwa air cooler sama dengan air conditioner. Padahal Alat tersebut berbeda jauh dengan Air Conditioner. Untuk melihat perbedaan antara air cooler vs air conditioner simak artikel berikut.
•    Air Conditioner

Air Conditioner mendinginkan udara dengan cara penguapan yang terjadi sedangkan Air Cooler menggunakan prinsip hukum fisika dimana ketika cairan berubah bentuk menjadi gas, maka penurunan  suhu udara akan terjadi.
Air Conditioner memiliki bagian-bagian yang lebih mekanis dari pendingin udara mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk beroperasi. Air Conditioner melancarkan sirkulasi udara dengan menggunakan freon. Sementara itu Pendingin Udara / Air Cooler sebaliknya.
•    Air Cooler

Air Cooler seringkali lebih dijadikan pilihan dibanding Air Conditioner karena pemakaian daya listriknya lebih murah dibandingkan Air Conditioner. Dengan bentuk yang fleksibel dan mudah dipindahkan. Air Cooler tidak menggunakan freon dalam mengontrol sirkulasi udara, melainkan hanya menggunakan air atau es yang dihembuskan menggunakan kipas angin biasa
Itu salah satu contoh perbedaan yang terdapat pada air cooler dengan air conditioner pada umumnya.
Selain itu, untuk mendapatkan air cooler sangatlah mudah terlebih harga air cooler sendiri terbilang sangat terjangkau dan bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.
Perbandingan Air Cooler dan Air Conditioner dari Segi Daya
Perbandingan penggunaan listrik antara air cooler vs air conditioner memang jauh berbeda lebih tinggi air conditioner dibanding air cooler. Namun jika meninjau dari segi kesehatan, perangkat air cooler dinilai lebih riskan dalam menghantarkan beberapa bakteri yang disebabkan oleh hembusan angin yang dihasilkan kipas mini didalam mesin tersebut.
Perbandingan Air Cooler dan Air Conditioner dari Segi Kesehatan
Walaupun perangkat yang berada didalam mesin air cooler telah dilengkapi dengan filter penyaring debu atau penyaring bakteri, namun para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan air cooler lebih dari 3-4 jam.Ini karena diduga udara yang dihembuskan oleh air cooler dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah dan berbagai gangguan pernafasan lainnya.
Perbandingan Air Cooler dan Air Conditioner dari Segi Cara Kerja
Sangat jauh memang perbedaan dalam hal penghantaran udara yang terdapat pada air cooler vs air conditioner. Dalam sistem penghantaran udara mesin air conditioner adalah menggunakan freon.
Perangkat tersebut berfungsi untuk mengatur suhu udara panas dalam evapator sekaligus sebagai saluran penyaring beberapa bakteri yang masuk ke dalam evapator.
Oleh karena itu, air conditioner dalam prakteknya menghasilkan udara yang menyegarkan serta sejuk. Dan jika dilihat dari segi kesehatan suatu udara yang disalurkan ke dalam ruangan, air conditioner adalah pilihan yang tepat.
Begitulan perbedaan Air Cooler dan juga Air Conditioner dari berbagai segi. Anda dapat memilih pendingin ruangan sesuai dengan yang Anda inginkan, Apakah Air Cooler? Atau Air Conditioner.
Terimakasih sudah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke rekan – rekan yang membutuhkan.

Itu tadi artikel tentang Perbandingan Air Cooler dan Air Conditioner dari Berbagai Segi yang mungkin bisa menambah wawasan anda. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar